Strategi Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam menghadapi Pasar Global Di Bali


Oleh : Prof. Dr. I Wayan Sudirman, S.E.,S.U.
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Sarjana Ekonomi

Kata Kunci :
Strategi, Peningkatan, Daya Saing, Pelaku UKM, Pariwisata Global

Abstrak :
Penelitian tahap pertama telah mampu menghasilkan (1) Profil pelaku UKM di Bali ,(2) profil usaha pelaku UKM di Bali, dan (3) identifikasi modal sosial,ekonomi, budaya dan teknologi informasi yang dimiliki pelaku UKM di Bali. Oleh karena itu,penelitian tahap kedua akan mengkaji (1) kemampuan pelaku UKM dalam memanfaatkan modal sosial, modal ekonomi, budaya dan teknologi informasi yang dimiliki dalam menjalankan usahanya untuk turut mengambil keuntungan dari ekspansi pariwisata global di Bali, (2) mengkaji kendala dan tantangan yang dihadapi pelaku UKM dalam menghadapi pasar global khususnya dalam menghadapi MEA saat ini, dan (3) merumuskan strategi meningkatkan daya saing pelaku UKM dalam menghadapi pasar global khususnya dalam menghadapi MEA saat ini. Penelitian ini diharapkan berkontribusi dalam menghasilkan strategi meningkatkan daya saing pelaku UKM dalam menghadapi pasar Global khususnya dalam menghadapi MEA . Penelitian ini dilakukan di dua kabupaten yakni Kabupaten Buleleng dan Gianyar. Responden yang digunakan adalah pelaku UKM bidang pariwisata yang masih aktif dalam menjalankan usaha pariwisata. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi non-partisipan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (stenghts) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan ( weaknes) dan ancaman ( threats).