SEMIOTIKA PARIWISATA: SEBUAH KAJIAN LINGUISTIK TERAPAN


Oleh : Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
semiotika, pariwisata, tanda, linguistik terapan

Abstrak :
Penelitian Semiotika Pariwisata bertujuan untuk mengkaji tanda-tanda yang digunakan dalam industri pariwisata Bali terkait dengan: (1) struktur tanda-tanda, (2) sistem tanda-tanda, dan praktik penggunaan tanda-tanda. Target khusus penelitian ini berfokus pada (1) tataran struktur, yaitu (a) pengkajian struktur signifikasi tanda, (b) struktur dominasi tanda, dan (c) struktur legitimasi tanda; (2) tataran sistem, yaitu (a) bingkai interpretasi tanda, (b) fasilitas penggunaan tanda, (c) norma penggunaan tanda; dan (3) tataran praktik, yaitu (a) pengkomunikasian tanda, (b) kekuasaan tanda, dan (c) sanksi penggunaan tanda. Tahapan riset semiotika pariwisata dilakukan sebagai berikut: (1) penentuan tanda-tanda pariwisata sebagai fokus kajian semiotika; (2) menentukan lokus dan fokus penelitian semiotika pariwisata (3) menentukan alasan/rasionalitas penelitian; (4) menentuka metode pengolahan data; (5) Klasifikasi data: a) Identifikasi teks/tanda pariwisata; b) argumentasi pemilihan tanda; c) menentukan pola semiosis secara sintagmatik dan paradigmatik; d) menentukan kekhasan tanda-tanda pariwisata berdasarkan elemen semiotika; (6) Analisis data berdasarkan: a) ideologi, interpretan kelompok, kerangka budaya; b) Pragmatik, aspek sosial, komunikatif; c) pemaknaan, intertekstualitas, kaitan dengan tanda lain dan aturan yang mengaturnya; d) mengkonfirmasi hasil analisis dengan kamus dan ensiklopedia; (7) Membuat kesimpulan hasil penelitian.