Analisa Kebutuhan dan Kemampuan Berbahasa Asing Pilihan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Udayana


Oleh : Prof. Dr. Dra. I Gusti Ayu Gde Sosiowati, M.A.
dibuat pada : 2017
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
Kata Kunci: Needs Analysis, Bahasa Asing Pilihan, Kemampuan berbahasa

Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan berbahasa asing pilihan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Penelitian ini sangat signifikan untuk dilakukan mengingat inovasi kurikulum dan materi ajar yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan dunia kerja perlu dikembangkan. Bahasa Asing Pilihan (BAP) merupakan salah satu mata kuliah (MK) yang menjadi unggulan dalam kurikulum Program Studi Sastra Inggris, yaitu Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang yang diharapkan dapat menambah nilai dan daya saing lulusan. Kesesuaian materi pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa dalam berbahasa Asing Pilihan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pengampu mata kuliah. Oleh karena itu, analisa kebutuhan sangat diperlukan untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan dari peserta didik agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran, yang dimulai dengan mengidentifikasi kepentingan dan motivasi mahasiswa, materi apa yang mahasiswa perlukan, metode yang ingin lebih ditekankan, waktu dan banyaknya pilihan bahasa, dan lain sebagainya. Selain itu, penelitian ini juga akan menganalisa kemampuan berbahasa asing pilihan mahasiswa melihat masih kurangnya penguasaan mereka terhadap materi yang diajarkan sehingga perlu untuk diketahui factor-faktor apa yang mempengaruhi penguasaan Bahasa Asing Pilihan, yang dikorelasikan juga dengan motivasi, minat dan bakat mereka terhadap MK BAP dan juga performance mahasiswa dalam penguasaan Bahasa Inggris itu sendir. Hal ini bertujuan untuk membuktikan apakah mahasiswa yang baik dalam penguasaan Bahasa Inggris juga dapat menguasai BAP dengan baik pula, karena dalam teori pemerolehan Bahasa, kebutuhan, minat dan bakat merupakan tiga faktor penting yang dapat mendorong seseorang untuk dapat menguasai bahasa tertentu. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Sastra Inggris pada MK Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang dengan menggunakan metode penelitia survey, dengan menggunakan kuisioner, interview dan pencatatan. Materi pada kuisioner mengacu pada Hutchinson and Waters (1987) tentang Target Needs dan Learning Needs. Pada akhir semester akan dilakukan test yang dapat menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi BAP. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan penyempurnaan rencana pembelajaran pada mata kuliah BAP baik dalam penyusunan SAP dan Silabus, bahan ajar maupun dalam metode dan media pembelajaran sehingga kualitas dan mutu perkuliahan dapat ditingkatkan. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Program Studi Sastra Inggris dalam mengembangkan kurikulum berdasarkan analisa kebutuhan mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Asing Pilihan.