KAJIAN TEKS TULIS PADA MEDIA KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR (PILGUB) BALI


Oleh : Drs. I Ketut Wandia, M.A.
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
teks tulis, media kampanye, pemilihan gubernur

Abstrak :
Penelitian ini akan membahas mengenai teks tulis yang digunakan pada media kampanye para calon gubernur Bali. Teks tulis mempunyai peran yang signifikan dalam komunikasi khususnya dalam interaksi di era modern sekarang. Hampir sebagian besar komunikasi antar manusia menggunakan teks tulis dalam berbagai media. Meski terdapat model teks oral atau komunikasi lisan, namun teks tulis tetap menjadi hal utama dalam komunikasi antar manusia. Mengingat peran pentingnya tersebut, teks tulis menjadi hal utama dalam kampanye calon gubernur Bali. Hal itu mengingat para kandidat umumnya menggunakan media – media promosi yang didominasi dengan penggunaan teks tulis. Melalui teks tulis para kandidat dapat menyampaikan informasi berbagai hal dan tentunya ajakan untuk memilih dirinya. Apalagi jika menganalisa lebih lanjut keberadaan teks tulis yang memiliki fungsi sebagai daya (force) yang dapat mempengaruhi para pemilihnya. Sumber data yang akan digunakan adalah media kampanye luar ruang berupa baliho dan spanduk selama masa kampanye pemilihan gubernur Bali. Media – media kampanye luar ruang yang akan diambil dari delapan kabupaten/kota. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah metode simak. Metode simak akan ditunjang dengan aplikasi teknik perekaman, pencatatan, pembacaan secara rinci, dan pengklasifikasian data. Sementara itu, metode analisa data yang akan digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang akan dipakai adalah pemaparan secara deskriptif dan berkualitas berdasarkan pada teori – teori yang berhubungan dengan teks tulis.