Komitmen Lingkungan dan Inovasi Hijau Sebagai Keunggulan Bersaing (Kasus Pada Industri Kreatif)


Oleh : Dr. I Gst. A. Kt. Gd. Suasana, S.E., M.M.
dibuat pada : 2017
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Sarjana Manajemen

Kata Kunci :
komitment lingungan, inovasi hijau, sukses produk baru, industri kreatif perak Bali

Abstrak :
Aktivitas bisnis, selama ini dikenal mampu membantu perkembangan perekonomian masyarakat, namun pada waktu yang sama juga dianggap cukup mengkhawatirkan, karena dipersepsikan berperan sebagai penyebab kerusakan lingkungan. Keadaan ini perlu diselamatkan melalui penerapan bisnis yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan hendaknya muncul dari dalam individu masing-masing wirausaha. Sifat peduli lingkungan seorang wirausaha dalam menjalankan bisnisnya sangat dipengaruhi oleh komitment manajemen terhadap lingkungan. Walaupun demikian, penerapannya perlu didukung oleh inovasi hijau yang kreatif untuk mencapai sukses produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian adalah: a) menjelaskan pengaruh komitmen lingkungan terhadap inovasi hijau yang dapat mempengaruhi industri kreatif perak Bali, b) menjelaskan pengaruh pengaruh komitmen lingkungan terhadap sukses produk yang dapat mempengaruhi industri kreatif perak Bali, c) menjelaskan pengaruh inovasi hijau terhadap sukses produk yang dapat mempengaruhi industri kreatif perak Bali, d) menjelaskan peran inovasi hijau sebagai mediasi hubungan antara komitmen lingkungan terhadap sukses produk. Penelitian dilakukan pada industri-industri kecil kerajinan perak di Kabupaten Gianyar, dengan jumlah populasi 469 unit usaha. Penelitian ini menggunakan sampel individu sebanyak 120 responden sebagai unit analisis . Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil analisis diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh para pengrajin industri kecil kerajinan perak di Bali untuk mampu menghadapi persaingan selanjutnya dan dapat digunakan sebagai alternatif strategi menerapkan bisnis hijau.