KONSUMEN ANALISIS PERILAKU DI DALAM MEMBELI TIKET PESAWAT SECARA ONLINE MELALUI WEBSITE THIRD PARTY WEBSITE BOOKING CHANNEL DI KOTA DENPASAR


Oleh : Anak Agung Gede Suarjaya, S.E., M.M.
dibuat pada : 2016
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Sarjana Manajemen

Kata Kunci :
Kata Kunci : Airlines, Online Travel Agent, Information Searching Intention, Purchase Intention, E-business.

Abstrak :
Indonesia menjadi salah satu pasar travel online yang berkembang paling pesat di wilayah Asia-Pasifik. Meskipun tergolong potensial, semua pihak yang ingin bermain di industri ini harus memahami dinamika perilaku konsumen dan kondisi pasar lokal yang selalu berubah sewaktu-waktu. Di kawasan Asia-Pasifik jumlah online browsing pada tiket penerbangan mencapai 43 persen, dan tingkat pembelian secara online tiket penerbangan mencapai 59 persen. Pada saat yang sama, wisatawan menjadi semakin tergantung pada airlines dan online travel agent(OTA) untuk rencana perjalanan mereka. Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi searching intention dan purchase intentions pada mobile apps, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan perilaku pengguna airlines mobile appsdan OTA mobile apps dalam memesan tiket pesawat, serta menyusun strategi untuk airlines dan online travel agent dalam memasarkan produk melalui mobile apps.. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling yang diolah dengan menggunakan AMOS 20 dan T-test menggunakan SPSS 16.0. Kata Kunci : Airlines, Online Travel Agent, Information Searching Intention, Purchase Intention, E-business.