PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PEMANFAATAN SAPI SEBAGAI ATRAKSI WISATA DI KABUPATEN TABANAN BALI


Oleh : Dr. Ir. Ni Wayan Tatik Inggriati, MP.
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Peternakan/Magister Ilmu Peternakan

Kata Kunci :
sapi, pariwisata, persepsi, perilaku, pendapatan

Abstrak :
PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PEMANFAATAN SAPI SEBAGAI ATRAKSI WISATA DI KABUPATEN TABANAN BALI Oleh: Ni wayan Tatik Inggriati, Wayan Sayang Yupardhi, dan Dewi Ayu Warmadewi Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Bali e-mail: tatikinggriati@yahoo.com ABSTRAK Sepuluh tahun belakangan, peternak sapi di Kabupaten Tabanan telah ikut secara langsung dalam mendukung akftivitas pariwisata yang dilakukan oleh agro wisata di desanya. Berdasarkan hasil Penelitian Inggriati dkk (2017), mendapatkan bahwa meningkatkan pendapatan peternak sapi merupakan salahsatu tujuan pelaku agrowisata di Kabupaten Tabanan dalam memanfaatan ternak sapi sebagai atraksi wisata. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini perlu dilakukan. Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat perilaku (pengetahuan, sikap, dan ketrampilan) serta harapan peternak sapi pada penggunaan sapi dalam aktvitas pariwisata; 2) Menganalisis pendapaatan peternak sapi yang ikut berperan dalam melakukan aktivitas pariwisata; 4) Menganalisis hubungan antara perilaku, harapan, dan tingkat pendapatan terhadap persepsi peternak terhadap keberadaan agro wisata yang menggunakan sapi sebagai pendukung aktivitas pariwisata. Lokasi penelitian di Kecamatan Penebel dan Marga, Kabupaten Tabanan, yang memiliki agro wisata dengan menggunakan sapi sebagai atraksi wisata. Responden akan diambil secara quota, sebanyak 50 orang peternak yang berlokasi di sekitar lima agro wisata seperti agrowisata Taman Sari Buana, Agrowisata Rumah Desa, Desa Wisata Pinge, Agrowisata Cau Chocolates; dan Agrowisata Somya Pertiwi. Data akan dianalisis cecara deskriptif kualitatif dan analisis corelasional. Manfaat penelitian adalah: agar peternak mau beternak sapi secara berkelanjutan, karena dapat memberi nilai tambah dengan ikut berperan dalam aktivitas pariwisata. Kata Kunci: sapi, pariwisata, persepsi, perilaku, pendapatan.