KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DOSEN DAN LUARAN SIKAP MAHASISWA: EFEKTIFITAS ORGANISASIONAL PADA KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI


Oleh : Dr. Dra. I Gusti Ayu Manuati Dewi, M.A.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Doktor Manajemen

Kata Kunci :
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL ,EFEKTIFITAS ORGANISASIONAL

Abstrak :
Reformasi kualitas belajar-mengajar dalam sebuah universitas menjadi kekuatan pendorong (driving force) dalam pencapaian keunggulan kompetitif di sektor pendidikan tinggi. Selain itu, akhir-akhir ini, pendidikan tinggi menduduki posisi penting melalui pengetahuan dan pembelajaran sebagai stimulan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Seiring dengan perubahan ini, pendidikan tinggi menjadi saksi pergeseran persepsi dari “mahasiswa” menjadi “pelanggan”, sehingga seluruh kegiatannya harus fokus pada kualitas. Sama halnya dengan organisasi yang berorientasi laba, perguruan tinggi harus berupaya untuk berpartisipasi secara aktif baik pada tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional. Namun, berbeda dengan organisasi yang bermotif laba, perguruan tinggi harus selalu berusaha untuk mempertahankan serta mengembangkan nilai-nilai akademik dan pembentukan pengetahuan secara berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan kepemimpinan dosenyang efektif dalam konteks perguruan tinggi, yang disebut dengan kepemimpinan transformasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan transformasionaldosendaniklimbelajarterhadapluaransikapmahasiswasebagairefleksiefektifitasorganisasionaldalamkontekspendidikantinggiyaknimotivasi capaian, kepuasan belajar, dan komitmen tujuan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa di lima fakultas besar di Universitas Udayana yakni Fakultas Ilmu Budaya, Kedokteran, Teknik, Hukum, serta Ekonomi dan Bisnis. Sampel yang digunakan sebanyak 150 orang mahasiswadi kelima fakultas terpilih yang ditetapkan secara kuota. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada kedua studi ini adalah Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS).