MODEL DINAMIKA PEMASARAN KOMODITI SAYURAN DATARAN TINGGI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DI KABUPATEN BULELENG


Oleh : Prof. Dr. Ir. Dwi Putra Darmawan, M.P.
dibuat pada : 2017
Fakultas/Jurusan : Fakultas Pertanian/Doktor Ilmu Pertanian

Kata Kunci :
Dinamika, Pemasaran Dan Sayuran

Abstrak :
Sebagian besar lokasi usahatani sayuran dataran tinggi berada di daerah dengan tofografi pegunungan, sarana transportasi dan sumberdaya ekonomi yang terbatas. Terdapatnya jarak secara spasial yang cukup besar antara lokasi usahatani (Bedugul) dengan konsumen (Denpasar), menyebabkan bertambah kompleknya permasalahan pemasaran dan bertambah banyaknya lembaga pemasaran yang ikut berpartisipasi dalam saluran pemasaran yang tercipta.Upaya petani untuk meningkatkan produksi sayuran tidak akan bermanfaat apabila aspek pemasaran tidak diperhatikan secara serius. Pemasaran merupakan bagian yang menjadi titik rawan dalam sistem sgribisnis, karena masalah pemasaran sangat berkaitan dengan tingkat harga yang diterima petani. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kawasan usahatani sayuran dataran tinggi, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam pemasarkan komoditi sayuran dataran tinggi, menganalisis jaringan komunikasi petani dalam memasarkan komoditi sayuran dataran tinggi, menganalisis ekonomi kelembagaan komoditi sayuran dataran tinggi, menganalisis saluran pemasaran komoditi sayuran dataran tinggi dan membangun model dinamika pemasaran komoditi sayuran dataran tinggi. Selain dianalisis secara deskriptif, data diolah dengan beberapa variasi analisis statistic, menggunakan piranti lunak seperti SAS, EVIEWS