Computer Anxiety Dalam Konteks Pendidikan Akuntansi


Oleh : Dr. Dodik Ariyanto, S.E., M.Si., Ak.,CA
dibuat pada : 2016
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Magister Akuntansi

Kata Kunci :
Computer Anxiety, CARS, MBTI, Gender, IPK

Abstrak :
Perkembangan teknologi informasi dalam era modernisasi dan globalisasi seperti saat ini berdampak juga di dunia akuntansi yang pada saat ini sudah terintegrasi dengan komputer. Mahasiswa akuntansi dituntut untuk mampu menggunakan dan mengoperasikan komputer dan software akuntansi mengingat pentingnya penguasaan teknologi komputer dalam dunia bisnis nantinya. Masalah yang sering muncul adalah ketika masih ada mahasiswa yang bereaksi negatif mulai dari tanggapan yang pasif hingga penolakan yang keras teradap penggunaan komputer. Penelitian ini berusaha menggali secara mendalam mengenai pengaruh tipe kepribadian, gender, dan IPK terhadap kecemasan berkomputer (computer anxiety) dalam konteks pendidikan akuntansi. Penelitian menggunakan instrumen Computer Anxiety Rating Scale (CARS) untuk mengukur variabel kecemasan berkomputer dan instrumen Myers Briggs Type Indicator (MBTI) untuk mengukur variabel tipe kepribadian. Implikasi dari penelitian ini diharapkan berguna bagi institusi pendidikan untuk mengembangkan kurikulum berbasis komputer sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan komputer pada mahasiswa akuntansi.