SISTEM PEMBELAJARAN BAGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY DAN TEMPLATE MATCHING


Oleh : Dr. Drs. I Wayan Santiyasa,M.Si.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Sarjana Teknik Informatika

Kata Kunci :
Augmented Reality, Vuforia, Template Mathcing, Marker

Abstrak :
Teknologi informasi saat ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Hampir semua perangkat mobile memiliki fitur-fitur yang sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Perkembangan teknologi ini juga mempengaruhi pendidikan dan pengetahuan yang menampilkan informasi pendidikan menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem aplikasi augmented reality yang dapat membantu siswa agar lebih menyukai pelajaran Matematika khususnya tentang bangun ruang dengan memanfaatkan perangkat smartphone Android. Sistem ini menggunakan Vuforia sebagai library dari aplikasi pengenalan bangun ruang berbasis mobile dengan memanfaatkan metode template matching. Sistem memanfaatkan marker sebagai media untuk menampilkan objek 3D bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembacaan marker oleh kamera sangat dipengaruhi oleh besarnya intensitas cahaya. Selain intensitas cahaya, jarak marker dengan kamera juga sangat berpengaruh dalam proses berjalannya sistem ini dimana marker yang telah dibaca oleh kamera ini nantinya akan di bandingkan dengan data marker yang menjadi acuannya. Dengan dibuatnya aplikasi augmented reality ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mengenal bentuk-bentuk bangun ruang dalam kehidupan nyata secara interaktif dan siswa lebih dapat menyukai pelajaran Matematika serta menghilangkan pandangan bahwa Matematika itu sulit dan tidak menyenangkan.