KETERLIBATAN MEREK DAN WORLD OF MOUTH


Oleh : Dr. I Nyoman Nurcaya, S.E., M.M.
dibuat pada : 2016
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Sarjana Manajemen

Kata Kunci :
keterlibatan konsumen, Facebook

Abstrak :
Keterlibatan pelanggan (customer engagement) telah muncul sebagai konsep yang lebih dinamis dan interaktif yang akan digunakan untuk memahami sifat dari hubungan pelanggan. Facebook merupakan saluran pemasaran kunci untuk mendorong keterlibatan dan kesadaran merek. Pemasaran modern dengan menggunakan media jejaring sosial seperti Facebook memungkinkan pemasar berinteraksi dua arah dengan konsumennya, memberikan apresiasi, konsumen dapat memberikan komentar tentang produk dan perusahaan secara langsung dapat menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen. Penelitian ini penting dilakukan karena keterlibatan konsumen secara online sangat penting dalam menjaga hubungan jangka panjang suatu perusahaan dengan konsumennya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kriteria responden adalah mahasiswa yang sudah pernah mengkilik “like” , “share” atau memberi komentar pada suatu merek tertentu di media sosial Facebook. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Kuesioner dalam penelitian ini adalah jenis kuisioner dengan daftar pernyataan tertutup, artinya responden hanya bisa menjawab satu atau beberapa pilihan jawaban yang telah disiapkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS).