HEDONIC VALUE, BRAND PERSONALITY APPEAL, ATTITUDE, BEHAVIOURAL INTENTION TERHADAP PRODUK KEARIFAN LOKAL


Oleh : Dr. Ni Wayan Ekawati, S.E., M.M.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Magister Manajemen

Kata Kunci :
Keywords: Loloh Cemcem, Hedonic value, Brand Personality Appeal, Attitude, dan Behavioural Intention.

Abstrak :
RINGKASAN Mengubah perilaku keputusan pembelian konsumen bukanlah hal yang mudah. Konsumen saat ini sudah tergolong konsumen cerdas yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi. Begitu pula dalam keputusan pembelian produk yang belum banyak dikenal dimasyarakat khususnya produk-produk ramah lingkungan atau produk alami (green product). Saat ini permintaan akan produk alami sudah semakin meningkat seiring kesadaran konsumen untuk menjaga kesehatan secara alami dan ikut serta menjaga lingkungan alam. Keberadaan produk alami diharapkan mampu menciptakan nilai hedonik (hedonic value), brand personality appeal, attitude dan behavioural intention. Tujuan penelitian ini adalah: a) menjelaskan pengaruh nilai hedonik terhadap brand personality appeal, b) menjelaskan pengaruh brand personality appeal terhadap attitude, c) menjelaskan pengaruh brand personality appeal terhadap behavioural intention, d) menjelaskan peran brand personality appeal sebagai mediasi hubungan antara nilai hedonik terhadap attitude dan hebavioural intention. Penelitian dilakukan pada seluruh kabupaten di Bali. Penelitian ini menggunakan sampel 210 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh para produsen produk Loloh cemcem Desa Penglipuran Bangli, untuk mampu menghadapi persaingan selanjutnya dan dapat digunakan sebagai alternatif strategi menerapkan bisnis hijau. Sedangkan, bagi pemerintah diharapkan menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan yang mendorong lajunya pertumbuhan industri kearifan lokal Bali. Keywords: Loloh Cemcem, Hedonic value, Brand Personality Appeal, Attitude, dan Behavioural Intention.