Pengaruh Atribut dan Kualitas Layanana terhadap Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Subak di Kota Denpasar Bali


Oleh : Dr. I Ketut Surya Diarta, S.P.,M.A.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Pasca Sarjana/Pembangunan dan Keuangan Berkelanjutan

Kata Kunci :
atribut DTW, layanan, kepuasan, subak, Denpasar

Abstrak :
Abstrak Hasil penelitian PUPS tahun 2018 sebelumnya menunjukkan bahwa subak perkotaan yang dikembangkan sebagai daya tarik wisata (DTW) memiliki kekuatan pada atribut daya tarik wisatanya seperti kegiatan pertaniannya, ritual keagamaan, dan kemudahan aksesibilitas. Subak perkotaan juga memiliki peluang dikembangkan sebagai DTW terutama sebagai penyedia layanan outbond dan rekreasi, potensi pengunjung sangat besar, dan adanya dukungan pihak eksternal. Namun, belum ada informasi yang cukup bagaimana pengaruh atribut DTW subak di perkotaan dan kualitas layanan yang diberikan dalam memengaruhi kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung merupakan faktor kunci dalam keberlanjutan DTW mengingat menentukan keinginan berkunjung kembali. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh atribut DTW dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengunjung DTW subak di Kota Denpasar. Target khusus yang ingin dicapai adalah memberikan data dasar mengenai atribut DTW subak dan tingkat kualitas layanan DTW subak yang secara signifikan mampu memengaruhi kepuasan pengunjung ke DTW subak di Kota Denpasar. Penelitian ini dilaksanakan di Subak Padanggalak Kota Denpasar, Bali. Rancangan penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan Smart-PLS 3.0 sebagai alat analisis. Responden sebesar 50 pengunjung dipilih secara purposive (sengaja). Hasil analisis bermuara pada rekomendasi kepada subak Padanggalak dalam usahanya mewujudkan kepuasan pengunjung agar mendukung keberlanjutan sebagai DTW subak. Kata kunci: atribut DTW, layanan, kepuasan, subak, Denpasar