Analisa Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya,Universitas Udayana


Oleh : I Nyoman Tri Ediwan, SS, M.Hum.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
Kata Kunci: motivasi, belajar, factor, upaya, program studi Sastra Inggris

Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa motivasi mahasiswa ketika memilih program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Penelitian ini sangat signifikan untuk dilakukan mengingat motivasi mahasiswa, yang masih seringkali dilupakan peranannya dalam pembelajaran (Rost (2006), sesungguhnya merupakan suatu indikator penting yang sangat menentukan keberhasilan pembelajarannya. Motivasi, menurut Wlodwoski, (1985), tidak hanya akan mendorong siswa untuk belajar saja, namun juga akan memberikan arah bagi proses pembelajarannya serta membantunya untuk memutuskan apakah ia akan tetap dan terus belajar atau tidak. Secara spesifik penelitian ini merumuskan empat pertanyaan, yaitu: 1) Apa motivasi mahasiswa ketika memilih program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana; 2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana?; 3) Apakah ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang mahasiswa hadapi selama menempuh kuliah di program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yang berdampak pada motivasi belajar mereka pada program studi tersebut?; dan 4) Apa upaya yang telah dilakukan program studi untuk menjaga dan meningkatkan motivasi mahasiswa belajar di program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana? Hasil dari penelitian ini akan sangat bermanfaat sebagai alat evaluasi bagi program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajarannya, disamping juga akan memberikan kontribusi secara teoritis pada bidang pendidikan terutama tentang peranan aspek motivasi dalam proses belajar-mengajar bahasa asing. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dan akan melibatkan seluruh mahasiswa di semester 2 dan 4, Koordinator Program Studi, Staf Administrasi, dan para dosen di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana sebagai responden. Pengumpulan data akan dilakukan melalui teknik pengisian kuisioner, wawancara serta rekam dan catat. Data akan dianalisis menggunakan teori motivasi belajar oleh Dörnyei (2008) serta Deci & Moller (2005). Hasil analisis akan dipaparkan secara deskriptif.