Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan E-commerce pada UKM Kerajinan di Gianyar


Oleh : Dr. I Wayan Santika, S.T., M.M.
dibuat pada : 2016
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Sarjana Manajemen

Kata Kunci :
TAM, e-commerce, UKM

Abstrak :
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang adanya katerbatasan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk masuk ke pasar online. Peningkatan transaksi online secara keseluruhan masih dikuasai oleh transaksi Business to Business pada perusahaan besar yang mencapai 80% dari total transaksi online. Sedangkan UKM sebagai pilar perekonomian nasional belum optimal dalam memanfaatkan pasar online. Menurut Kim (2004) keterbatasan UKM untuk masuk pada pasar online karena keterbatasan penguasaan teknologi, keterbatasan SDM handal, dan keterbatasan akses informasi. Untuk mengetahui kondisi tersebut, diperlukan identifikasi terhadap penggunaan e-commerce pada UKM khususnya UKM Kerajinan di Kabupaten Gianyar dengan menggunakan analisis technology acceptance model (TAM). Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, baik deskriptif maupun asosiatif dan yang dijadikan responden adalah pemilik atau karyawan UKM yang menangani e-commerce pada UKM tersebut. Selanjutnya setelah penelitian selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan meringkas inti sari penelitian ke dalam sebuah artikel yang siap diseminarkan dan dikirim ke jurnal internasional yang bereputasi (International Business Management) atau jurnal Nasional Terakreditasi dan juga sebagai dasar untuk menyusun buku ajar yang dapat menunjang materi pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Dengan demikian penelitian ini akhirnya mampu memberikan nilai kepada semua stakeholders, seperti: peneliti, mahasiswa, Usaha Kecil Menengah, pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM.