ANALISA PEMAHAMAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA INGGRIS MAHASISWA NON BAHASA DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS UDAYANA


Oleh : Yana Qomariana, S.S.,M.Ling
dibuat pada : 2017
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
Struktur Kalimat, abstrak, kalimat sederhana, pengajaran bahasa Inggris

Abstrak :
Abstrak Menulis atau Writing adalah salah satu keahlian dasar yang sangat diperlukan pada masa sekarang. Bagi para lulusan universitas, kemampuan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, termasuk komunikasi dalam bentuk tulisan sangatlah penting. Dalam menulis tulisan berbahasa Inggris harus mengikuti kaidah-kaidah Bahasa Inggris. Kaidah yang sangat mendasar untuk dipahami adalah struktur kalimat dalam Bahasa Inggris. Struktur kalimat berisikan bagian-bagian yang membangun satu kalimat sehingga memiliki makna, antara lain yaitu Subyek dan Kata Kerja atau Frase Kerja yang merupakan unsur yang harus ada dalam kalimat. Selain itu Bahasa Inggris juga menunjukkan struktur kalimat yang lain, misalnya kalimat dengan satu dan dua Obyek (Quirk & Greenbaum, 1990). Dalam tulisan berbahasa Inggris, sangat sering dijumpai kalimat yang kehilangan elemen sehingga makna kalimat tesebut tidak tercapai. Salah satu contohnya adalah kalimat dengan menggunakan auxiliary sebagai kata kerja, di mana auxiliary ini tidak digunakan, sedangkan kaidah gramatikalnya menuntut auxiliary tersebut untuk ada. Salah satu tulisan berbahasa Inggris yang dihasilkan oleh mahasiswa adalah tugas akhir, yang wajib dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris. Berdasarkan observasi selama ini, ditemukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan abstrak berbahasa Inggris yang berdasarkan pada kurangnya pemahaman terhadap Struktur Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan temuan mengenai pemahaman mahasiswa program non bahasa terhadap aturan Struktur Bahasa Inggris. Temuan ini daharapkan memberikan informasi mengenai bagian Struktur Kalimat Bahasa Inggris yang sudah ataupun yang kurang dipahami oleh mahasiswa, sehingga bisa menjadi masukan untuk perbaikan silabus pengajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris di program studi non bahasa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Kata kunci: Struktur Kalimat, abstrak, kalimat sederhana, pengajaran bahasa Inggris