Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana


Oleh : Yana Qomariana, S.S.,M.Ling
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
pengaruh, bahasa ibu, pembelajaran Bahasa Inggris

Abstrak :
Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Yana Qomariana, Ida Ayu Made Puspani, dan Ni Ketut Sri Rahayuni Universitas Udayana yqomariana@gmail.com; dayupuspani@gmail.com; & ketutsrirahayuni@gmail.com Abstrak Dalam pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua seringkali dijumpai kesulitan yang dilakukan oleh pembelajar. Kesulitan tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan antara bahasa asing yang dipelajari (L2) dengan bahasa ibu pembelajar (L1) . Perbedaan tersebut mencakup perbedaan di bidang fonologi, kosa kata, dan tata bahasa (Beardsmore, 1982). Perbedaan ini menyebabkan kesalahan-kesalahan dalam produksi L2 oleh pembelajar; hal ini menunjukkan pengaruh dari L1 terhadap pemerolehan L2 (Ellis in Bhela, 1999). Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh bahasa ibu terhadap bahasa Inggris mahasiswa program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 2 program studi Sastra Inggris yang akan dianalisa kemampuan produksinya dalam Bahasa Inggris, yaitu kemampuan di bidang menulis dan berbicara. Tulisan dan rekaman mahasiswa akan dianalisa berdasarkan kesalahan yang ditemukan. Selanjutnya, kesalahan-kesalahan tersebut dianalisa berdasarkan perbedaan antara L1 dan L2 yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Kata-kata kunci: pengaruh, bahasa ibu, pembelajaran Bahasa Inggris