RELASI TEKS VERBAL DAN VISUAL PADA MEDIA KAMPANYE LUAR RUANG PEMILIHAN GUBERNUR (PILGUB) BALI


Oleh : I Gusti Ngurah Parthama, SS.,M.Hum
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
media kampanye pilgub Bali, teks verbal, teks visual

Abstrak :
Penelitian ini akan membahas mengenai hubungan antara teks verbal dan visual yang digunakan pada media kampanye luar ruang dalam pemilihan gubernur Bali tahun 2018. Kajian mengenai teks verbal dan teks visual menjadi menarik mengingat media – media kampanye luar ruang mempunyai kemiripan dengan media – media promosi produk baik barang maupun jasa. Dalam hal ini teks verbal dan visual saling berhubungan untuk memberikan daya (force) kepada para pembacanya. Daya tersebut yang nantinya memunculkan makna – makna tertentu bagi para pembaca. Teks visual memberikan makna melalui penokohan, pewarnaan, dan sikap yang dimunculkan dalam bentuk gambar. Sedangkan teks verbal lebih cenderung menekankan pada teks – teks tertulis yang terkait dengan materi kampanye maupun ajakan yang berkaitan dengan para pembaca dan pemilih. Analisa relasi teks verbal dan visual berdasarkan pada landasan teori yang berhubungan dengan teks verbal oleh John R. Searle (dalam Leech, 1983) dan Gilian Dyer (1993). Selain itu, juga terdapat sejumlah kajian teoritis yang berhubungan dengan analisa teks verbal dan visual yang melatarbelakangi penelitian ini. Adapun sumber data yang akan digunakan adalah media kampanye luar ruang yang terdapat di 8 kabupaten/kota di Bali. Hal ini mengingat pemilihan Gubernur Bali melingkupi keseluruhan wilayah di Bali. Metode simak akan digunakan pada metode pengumpulan data dengan teknik berupa perekaman, pencatatan, dan pemilahan data. Sedangkan metode analisa data akan mengaplikasikan metode deskriptif kualitatif. Metode itu akan didukung dengan teknik deskriptif dalam pemaparan data yang didukung teori – teori berkaitan dengan teks verbal dan visual.