Kesalahan Penggunaan Huruf Kanji Dalam Buku Intermediate Kanji Book Vol. 1. Pada Mahasiswa Semester 3 Angkatan 2016 Program Studi Sastra Jepang FIB UNUD


Oleh : I Nyoman Rauh Artana, SS., M.Hum.
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Jepang

Kata Kunci :
kesalahan, menggunakan, kata, kanji

Abstrak :
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 3 angkatan 2016 program studi sastra Jepang fakultas ilmu budaya universitas udayana dalam memahami dan menggunakan kata-kata dengan huruf kanji yang terdapat pada buku pelajaran Intermediate Kanji Book Vol. 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimanakah kesalahan mahasiswa dalam memahami dan menggunakan kata-kata dengan huruf kanji yang terdapat pada buku pelajaran Intermediate Kanji Book Vol. 1; 2) bagaimanakah cara untuk mengatasi kesalahan dalam memahami dan menggunakan kata-kata dengan huruf kanji yang terdapat pada buku pelajaran Intermediate Kanji Book Vol. 1. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam memahami dan menggunakan kata-kata dengan huruf kanji yang terdapat pada buku Intermediate Kanji Book Vol. Serta untuk menemukan cara supaya bisa mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi dan metode tes yang dilanjutkan dengan teknik catat. Metode dokumentasi dalam penelitian ini berupa kumpulan soal-soal yang telah diisi jawaban oleh informan. Sedangkan metode tes adalah instrumen pengumpulan data melalui serangkaian pertanyaan/latihan yang disebarkan kepada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester 3 Angkatan 2016 Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitasa Udayana. Penentuan populasi tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa mahasiswa semester 3 angkatan 2016 pada semester sebelumnya telah diajarkan materi yang terdapat dalam buku Intermediate Kanji Book Vol. Melalui penelitian ini, bentuk-bentuk kesalahan mahasiswa tersebut di atas, akan dapat diuraiakan dan dicarikan solusi untuk mengatasinya. Dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar bagi dosen dan bahan belajar bagi mahasiswa jurusan sastra Jepang.