Pengaruh Motivasi dan Foreign Language Anxiety dalam Pembelajaran Bahasa Prancis (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Udayana)


Oleh : Putu Weddha Savitri, S.S.,M.Hum.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Ilmu Budaya/Sarjana Sastra Inggris

Kata Kunci :
motivasi, pembelajaran bahasa, bahasa asing, kecemasan bahasa asing

Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan Foreign Language Anxiety dalam pembelajaran Bahasa Prancis pada mahasiswa Sastra Inggris Unud. Dalam pembelajaran bahasa asing terdapat banyak factor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa, namun menurut para ahli, motivasi dan kecemasan bahasa asing (Foreign Language Anxiety) membawa dampak yang signifikan bagi tingkat keberhasilan seseorang dalam menguasai bahasa asing yang dipelajarinya. Penelitian tentang kedua factor tersebut sangat relevan dalam pengembangan pembelajaran bahasa prancis maupun bahasa asing lainnya karena dengan mengetahui sejauh mana motivasi dan FLA mempengaruhi tingkat keberhasilan pembelajar maka akan dapat dijadikan acuan bagi semua pihak yang bertanggung jawab dalam mengambil berbagai kebijakan yang dapat memotivasi pembelajar ataupun dalam menentukan cara-cara yang atraktif yang dapat mengurangi kecemasan dalam pembelajaran bahasa asing. Kemudian juga akan dilihat bagaimana pengaruh keduanya dengan pencapaian siswa berdasarkan hasil akhir semester. Sumber data dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Sastra Inggris yang mengambil MK bahasa Prancis pada semester 2. Sumber data ini dianggap representasif untuk dapat mengetahui apa motivasi mereka memilih bahasa Prancis pada awal semester, kemudian akan dilihat sejauh mana motivasi tersebut mempengaruhi keberhasilan pembelajar pada akhir semester. Demikian pula dengan Foreign Language Anxiety dalam proses pembelajaran Bahasa Prancis, dapat diketahui melalui performance pembelajar ketika mengikuti kelas Bahasa Prancis. Pengambilan data dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuisioner dan wawancara, selain itu dilakukan juga observasi kelas untuk dapat melihat secara langsung sikap dan bahasa tubuh siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, dimana motivasi pembelajar diukur berdasarkan teori Gardner (1972) yang membagi motivasi menjadi dua yaitu motivasi integral dan motivasi instrumental. Untuk mengukur tingkat motivasi mahasiswa, kuisioner berdasarkan Atiitude Motivation Test Battery (AMTB) akan diberikan kepada mahasiswa. Sedangkan dalam menganalisis FLA juga akan diberikan kuisioner berdasarkan foreign language classroom anxiety scale dari Horwitz (1986). Setelah tingkat motivasi dan FLA diketahui, kemudian akan dibandingkan dengan hasil yang dicapai oleh siswa untuk membuktikan pengaruh kedua factor tersebut dalam pembelajaran bahasa Prancis.