Promosi Pariwisata Bali Berbasis Teknologi Augmented Reality(AR)


Oleh : I Ketut Adi Purnawan, ST., M.Eng
dibuat pada : 2016
Fakultas/Jurusan : Fakultas Teknik/Sarjana Teknologi Informasi

Kata Kunci :
event, pariwisata, mobile, augmented reality

Abstrak :
Perkembangan teknologi mobile yang cepat menyebabkan perangkat mobile atau perangkat pintar portabel menjadi semakin populer [1]. Akibatnya, berbagai produk dan aplikasi dikembangkan untuk mendukung dan meningkatkan peluang bisnis, seperti halnya media promosi yang dapat memanfaatkan teknologi mobile. Di Indonesia pertumbuhan pengguna smartphone sangat tinggi dimana hal ini memberi peluang besar dalam melakukan promosi baik barang maupun promosi pariwisata disuatu wilayah. Tahun 2016 Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 12 juta wisatawan, setelah tahun sebelumnya target 10 juta kunjungan wisatawan dapat dicapai [2]. Angka 12 juta bukanlah angka yang mudah untuk dicapai jika tidak menerapkan strategi promosi yang tepat [3]. Promosi yang dilakukan berbasis event seringkali rendah audiensi karena coverage areanya tidak luas, terbatas pada area festival digelar. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi yang mampu menembus coverage area yang lebih luas dan kemasan branding yang lebih menarik dan unik dalam mempromosikan obyek wisata di Indonesia untuk mendukung promosi-promosi yang bersifat konvensional. Penulis mengusulkan untuk mengimplementasikan teknologi mobile dalam rangka mempromosikan potensi wisata Indonesia, khususnya Bali karena teknologi ini mampu mengatasi masalah keterbatasan coverage area. Ada beberapa jenis teknologi dan aplikasi berbasis mobile yang dapat dijadikan sebagai media promosi, salah satunya adalah Augmented Reality(AR). AR mampu menampilkan visualisasi obyek yang tidak terlihat atau jarang mendapat perhatian karena AR mampu memperkaya perspektif dengan menampilkan obyek virtual pada lingkungan nyata [4, 5] sehingga obyek yang tidak terlihat maupun jarang mendapat perhatian bisa dimunculkan dengan bantuan obyek virtual.