FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN DALAM MELAKUKAN PEMESANAN AKOMODASI MELALUI ONLINE TRAVEL AGENTS DI KAWASAN WISATA UBUD


Oleh : Putu Agus Wikanatha Sagita, S.ST.Par., M.Par.
dibuat pada : 2018
Fakultas/Jurusan : Fakultas Pariwisata/Sarjana Industri Perjalanan Wisata

Kata Kunci :
online travel agents, pariwisata berbasis digital, akomodasi pariwisata

Abstrak :
Dalam perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, kehadiran Online Travel Agents (OTA) merupakan fenomena baru yang mempengaruhi cara wisatawan dalam melakukan perjalanan. Calon wisatawan menjadi lebih mandiri dengan memesan produk akomodasi yang mereka perlukan secara online. Tren pariwisata berbasis digital tersebut turut serta dirasakan pada Kawasan Wisata Ubud yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata paling populer di Bali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik wisatawan yang melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud, (2) Mengidentifikasi Faktor – faktor apakah yang mendorong wisatawan dalam melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud, (3) Mengidentifikasi Faktor apakah yang paling dominan mendorong wisatawan dalam melakukan pemesanan akomodasi melalui Online Travel Agents di Kawasan Wisata Ubud. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif serta analisis faktor. Hasil dari penilitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang penting khususnya bagi Biro Perjalanan Wisata yang saat ini masih menjalankan usahanya secara konvensional, untuk mengambil langkah strategis guna memasarkan akomodasi maupun produk wisata lainnya secara online. Hal tersebut dikarenakan sempat timbul kekhawatiran bahwa hadirnya Online Travel Agents sebagai saluran distribusi produk pariwisata secara digital akan mengancam keberadaan Biro Perjalan Wisata di Bali. Kesadaran bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi tidak dapat dibendung, maka tidak ada jalan lain bagi Biro Perjalanan Wisata konvensional selain ikut bersaing merebut pasar pariwisata berbasis digital. Kata kunci : online travel agents, pariwisata berbasis digital, akomodasi pariwisata.