PENGARUH HARGA DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN AKOMODASI MELALUI ONLINE TRAVEL AGENTS (Studi Kasus Pemesanan Akomodasi Melalui Website Airbnb)


Oleh : Putu Agus Wikanatha Sagita, S.ST.Par., M.Par.
dibuat pada : 2019
Fakultas/Jurusan : Fakultas Pariwisata/Sarjana Industri Perjalanan Wisata

Kata Kunci :
harga, faktor psikologis, online travel agents, pariwisata berbasis digital

Abstrak :
Pariwisata sebagai sebuah industri masih menjadi penopang perekonomian sebagaian besar masyarakat di Pulau Bali. Layaknya sebuah kompetisi, geliat industri pariwisata di Bali terus berkembang untuk dapat bertahan dalam persaingan. Kemajuan teknologi yang kini akrab disebut revolusi 4.0 cukup banyak memberikan pengaruh dalam kegiatan transaksional berjalan di dalamnya. Perubahan yang dapat terlihat adalah terjadinya disrupsi yang dialami oleh komponen industri pariwisata konvensional oleh berbagai platform berbasis digital yang menawarkan produk serupa. Salah satu Online Travel Agents yang belakangan cukup mendapat perhatian adalah Airbnb yang dapat dikatakan memiliki konsep cukup berbeda dari para pesaingnya. Airbnb sendiri merupakan singkatan dari Airbed & Breakfast. Konsep yang ditawarkan adalah dengan sistem home sharing, dimana orang yang tertarik menyewakan rumahnya kepada wisatawan melalui sistem pemasaran digital. Ini artinya pemilik akomodasi yang tidak menyediakan pelayanan sekelas hotel pun memiliki kesempatan untuk merasakan manfaat ekonomi dari kegiatan pariwisata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi pengaruh harga terhadap keputusan pemesanan akomodasi melalui website Airbnb ?; (2) Mengidentifikasi pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pemesanan akomodasi melalui website Airbnb ?; (3) Mengidentifikasi pengaruh harga dan faktor psikologis terhadap keputusan pemesanan akomodasi melalui website Airbnb ?. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif serta regresi berganda. Keberadaan Airbnb sebagai Online Travel Agents(OTA) di Bali menimbulkan pertanyaan tersendiri, apakah wisatawan yang memesan akomodasi melalui Airbnb memang semata-mata termotivasi oleh keinginan mendapatkan akomodasi dengan harga yang murah. Apakah faktor psikologis yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, serta sikap yang terkait dengan keinginan wisatawan untuk mempelajari hal-hal baru seperti mengenal kehidupan masyarakat lokal turut mempengaruhi wisatawan dalam memesan akomodasi via Airbnb. Berdasarkan hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membuka pemikiran untuk bagaimana memaksimalkan peluang dari keberadaan wisatawan yang memanfaatkan layanan Airbnb.