PERSEPSI DAN EKSPEKTASI WISATAWAN TERHADAP JASA AKOMODASI DI DESA WISATA PENGLIPURAN BANGLI


Oleh : Putu Ratih Pertiwi, SST.Par.,M.Par., M.Rech
dibuat pada : 2017
Fakultas/Jurusan : Fakultas Pariwisata/Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan

Kata Kunci :
Persepsi, wisatawan, jasa akomodasi, desa wisata

Abstrak :
Dalam pengembangan desa wisata sebagai suatu pendekatan pengembangan pariwisata alternatif, wisatawan yang datang diharapkan bukan hanya berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan budaya masyarakat. Tetapi juga untuk tinggal lebih dari satu hari sehingga dapat terlibat langsung dengan budaya masyarakat desa, sesuai dengan konsep desa wisata pada awalnya. Oleh karena itu jasa akomodasi menjadi isu penting demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan wisatawan tidak terkecuali di Desa Wisata Penglipuran. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui persepsi wisatawan terhadap jasa akomodasi di Desa Wisata Penglipuran. Dimana nantinya jasa akomodasi tersebut dapat dikembangkan oleh pengelola Desa Wisata Penglipuran sesuai dengan tanggapan wisatawan, untuk menarik minat wisatawan tidak hanya berkunjung tetapi tinggal paling tidak lebih dari satu hari di desa tersebut dan terlibat langsung dengan tata cara, tradisi, dan kehidupan masyarakat lokal sebagaimana konsep pengembangan desa wisata seutuhnya. Tahapan penelitian mulai dari tahap studi pustaka, tahap pengggalian data, dan tahap mengkaji persepsi, ekspektasi wisatawan terhadap jasa akomodasi di Desa Wisata Penglipuran. Tahap pertama dilakukan dengan mempelajari berbagai pustaka yang terkait dengan penelitian ini baik melalui buku referensi maupun media internet. Tahapan kedua adalah penggalian data di lapangan dengan menggunakan beberapa metode, antara lain penggalian data sekunder dari kepala lingkungan dan pengelola jasa akomodasi di Desa Penglipuran. Data primer akan diperoleh dari wisatawan yang menginap pada jasa akomodasi Desa Wisata Penglipuran. Tahap ketiga adalah analisis data dengan Analisis Skala Likert dan Analisis Kepentingan Kinerja (Importance Perfomance Analysis) untuk mengkaji persepsi dan ekspektasi wisatawan terhadap jasa akomodasi di Desa Wisata Penglipuran yang selanjutnya dapat menjadi referensi dalam pengembangan jasa akomodasi Desa Wisata Penglipuran sesuai dengan tanggapan dan harapan wisatawan. Hal tersebut penting dalam menarik minat wisatawan untuk tidak hanya berkunjung tetapi tinggal paling tidak lebih dari satu hari di desa tersebut dan terlibat langsung dengan tata cara, tradisi, dan kehidupan masyarakat lokal sebagaimana konsep pengembangan desa wisata seutuhnya.