Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Jalan Raya Seminyak Akibat Hambatan Samping


Oleh : I Nyoman Dika Sanjaya
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Teknik/Teknik Sipil

Kata Kunci :
Kinerja ruas jalan, Hambatan Samping, Jalan Satu Arah

Abstrak :
Kawasan Seminyak yang merupakan pusat pariwisata di Kabupaten Badung tentunya tidak pernah sepi dari pengunjung maupun wisatawan, sehingga meningkatnya arus lalu lintas mengakibatkan timbulnya masalah terhadap lalu lintas pada kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja eksisting ruas jalan, serta menganalisis solusi yang dapat direkomendasikan untuk mengurangi hambatan lalu lintas akibat hambatan samping pada ruas Jalan Raya Seminyak. Untuk data yang digunakan studi ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer yaitu data inventarisasi geometrik jalan, data volume lalu lintas, data hambatan samping, data kecepatan perjalanan. Data sekunder yaitu jumlah penduduk Kabupaten Badung. Analisis kinerja jalan menggunakan pedoman MKJI 1997 dengan alternatif jalan yang digunakan adalah penurunan hambatan samping dan sistem jalan satu arah. Dari hasil analisis kinerja ruas jalan akibat hambatan samping pada jam puncak memiliki nilai kapasitas jalan sebesar 1839,26, DS = 0,77, kecepatan perjalanan = 22,5 km/jam, dan tingkat pelayanan jalan berada pada level D. Untuk hasil analisis dengan solusi pengendalian hambatan samping diketahui nilai kapasitas jalan = 2089,044, DS = 0,67, kecepatan kecepatan = 29 km/jam, dengan tingkat pelayanan jalan berada pada level C. Apabila dirubah menjadi jalan satu arah maka nilai kapasitas jalan sebesar 2213,24, DS = 0,36, kecepatan perjalanan = 35,8 km/jam, dan tingkat pelayanan jalan berada pada level B. Saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menekan hambatan lalu lintas, yaitu : pada kondisi jalan raya seminyak saat ini perlu pemasangan rambu dilarang berhenti, larangan parkir pada jam tertentu (jam puncak) pada titik-titik rawan kemacetan, melarang menaik turunkan penumpang sepanjang Jalan Raya Seminyak, penyediaan jembatan penyeberangan dan lahan parkir. Disamping itu adapun alternatif yang paling optimal yang bisa digunakan untuk menekan kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Seminyak yaitu dengan merubah tipe jalan menjadi 2/1 UD atau sistem jalan satu arah dengan berdasarkan hasil analisis.

File :
,