GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU ANAK MENGENAI DIARE PADA ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PETANG I, KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG


Oleh : Bagus Brahmantra
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Kedokteran/PS. PENDIDIKAN DOKTER

Kata Kunci :
Diare, Anak sekolah dasar, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Abstrak :
Latar belakang Diare merupakan masalah kesehatan dunia terutama di negara berkembang. Besarnya masalah tersebut terlihat dari tingginya angka kesakitan dan kematian akibat diare. Kejadian diare menurut umur pada tahun 2013 di Pukesmas Petang I sebanyak 350 (80.09%) kasus dan ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 329 (76.16%) kasus penderita diare. Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai diare pada kelompok anak tingkat sekolah dasar di wilayah kerja Pukesmas Petang I. Metode Penelitian dilakukan di SD dalam wilayah kerja Pukesmas Petang I, Kecamatan Petang. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 11 sampai 15 Maret 2014. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif, dengan metode cross sectional untuk mengetahui gambaran tentang pengetahuan, sikap, dan perilaku anak mengenai diare pada kelompok anak tingkat sekolah dasar di wilayah kerja Pukesmas Petang I. Data diperoleh dari wawancara berstruktur dengan kuisioner. Responden penelitian ditargetkan 50 anak sekolah dasar yang dipilih secara multistage sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan program SPSS 17.0 dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil penelitian didapat 68% anak mempunyai pengetahuan yang baik tentang diare, namun apabila pengetahuan dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu; definisi diare, penyebab diare, pencegahan diare, dan cara penanganan awal diare akan terlihat di sub pengetahuan mengenai cara pencegahan dan penanganan awal pada anak dinilai masih kurang (hanya 6% anak yang dinilai baik). Pada sikap didapat 53% anak memiliki sikap yang baik, tetapi tidak berbeda secara signifikan. Begitu juga pada perilaku, secara umum responden memiliki perilaku yang baik, namun apabila perilaku dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu; perilaku cuci tangan, sanitasi makanan, dan perilaku BAB dan BAK. 64% anak memiliki perilaku kurang mengenai cuci tangan (hanya 36% anak yang dinilai baik). Kesimpulan Dari penelitian didapat kebanyakkan anak masih belum tahu tentang penanganan awal diare dan dikategorikan masih kurang dalam perilaku cuci tangan.

File :
,