ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN THE CLIFF ALILA VILLAS ULUWATU KABUPATEN BADUNG, BALI


Oleh : Jonathan Charmian Vivaldy
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Teknik/Teknik Sipil

Kata Kunci :
Manajemen waktu, Kendala, Indeks kepentingan, Indeks, Pengaruh, frekuensi

Abstrak :
Manajemen waktu proyek mencakup segala proses yang diperlukan untuk memastikan proyek selesai tepat pada waktunya. Kegagalan perusahaan dalam menerapkan manajemen waktu yang efektif sering menyebabkan non-excusable (penundaan yang disebabkan oleh kesalahan kontraktor pada pelaksanaan proyek. Setiap kontraktor menghadapi kendala yang berbeda dalam menerapkan manajemen waktu proyek, sehingga diperlukan analisis mengenai kendala-kendala yang selama ini dihadapi perusahaan dalam menerapkan manajemen waktu tersebut. Dalam tugas akhir ini, permasalahan yang diangkat adalah apa sajakah yang menjadi kendala dalam penerapan manajemen waktu pada proyek pembangunan The Cliff Alila Villas Uluwatu dan apakah faktor-faktor yang menjadi sumber kendala dalam penerapan manajamen waktu pada proyek The Cliff Alila Villas Uluwatu . Dari hasil analisis didapat Rangking 10 besar kendala penerapan manajemen waktu yaitu: Kurangnya pengendalian dan pengawasan keuangan dengan Indeks kepentingan sebesar 47%, Kesulitan dalam pengadaan tenaga kerja dengan Indeks kepentingan sebesar 43%, Penentuan durasi kerja tidak seksama dengan Indeks kepentingan sebesar 39% , Pengiriman material yang lambat dan tidak sesuai jadwal dengan Indeks kepentingan sebesar 37%, Alat yang ada tidak sesuai dengan jadwal yang ada sebesar 36%, Metode konstruksi pelaksanaan kerja yang tidak tepat sebesar 36%, Kurangnya kontrol dan pengawasan terhadap penggunaan dan ketersediaan material sebesar 36%, Ketidakhadiran pihak terkait saat rapat koordinasi sebesar 36%, Penundaan pembayaran kepada supplier/subkontraktor sebesar 36% berbeda, dan Kurangnya update jadwal terhadap perubahan yang terjadi dengan Indeks kepentingan sebesar 35% dan Peringkat faktor yang menjadi sumber kendala penerapan manajemen waktu yaitu: Faktor tenaga kerja dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 51.7%, Faktor Finansial dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 34.8%, Faktor Perencanaan dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 34%, Faktor alat dan perlengkapan kerja dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 32.5%, Faktor pengendalian dan pengawasan dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 31.7%, Faktor komunikasi dan Koordinasi dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 30.9%, dan Faktor Material dengan Indeks kepentingan faktor sebesar 30.7%

File :
, Cover , Lembar Pengesahan , Daftar Isi, Abstrak, BAB I , BAB II , BAB III , BAB IV , BAB V , Daftar Pustaka Halaman belakang lainnya ,