Hubungan Perilaku Asertif Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar


Oleh : Minar Agustina Seveny
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Kedokteran/PS. ILMU KEPERAWATAN

Kata Kunci :
Perawat, Perilaku Asertif, Kepuasan Pasien Rawat Inap

Abstrak :
ABSTRAK Seveny, MinarAgustina. 2015. HubunganPerilakuAsertifPerawatdenganKepuasanPasienRawatInap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar.Skripsi, Program StudiIlmuKeperawatan, FakultasKedokteran, UniversitasUdayana Denpasar. Pembimbing (1) Drs. IDM.Ruspawan, Skp, M. Biomed; (2) Ns.I KetutSuarnata, S.Kep. Perawatadalahprofesi yang senantiasaberadadalamsituasihubunganantaramanusia, yang berfokuspadaperawatanindividu, keluargadanmasyarakatuntukmencapaikesehatan yang optimal.Kesehatan yang optimal dapatdiidukungolehketerampilanperawat, salahsatunyaadalahketerampilanberperilakuasertif.Keterampilanasertifmemungkinkanekspresifakta, pemikiran, meningkatkanpercayadiridan rasa salingpercaya, danmembantumengatasimasalahpasiensalahsatunyadengankomunikasiasertif, dimanaperawatdapatmendengarkanperasaanpasiendanmenjelaskanprosedurtindakankeperawatan yangapabilatidakditerapkandapatberdampakterhadapkepuasanpasien.Penelitianinibertujuanuntukmenganalisishubunganperilakuasertifperawatdengankepuasanpasienrawatinap di Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar.Penelitianinimerupakanstudicorrelationdenganpendekatancross sectional. TeknikpengambilansampeldilakukansecaraConsecutive samplingdenganjumlah minimal sampelsebanyak 30 responden.Data dikumpulkandenganmenggunakankuesioner yang sudahdiujivaliditasdanreabilitas.UjistatistikdilakukandenganmenggunakananalisisbivariatdenganpendekatanUji Rank Sprearman Correlation.Hasilpenelitianmenunjukkanperilakuasertifperawat yang berada di ruangrawatinap Royal Queen Bali Royal Hospital (BROS) Denpasar sebanyak 34 orang (85%), dan yang tidakberperilakuasertif6 orang (15%). Kepuasanpasienrawatinapmenunjukkan 22 orang (55%) menyatakansangatmemuaskan, 13 orang (33%) memuaskan, dan 5 orang (12%) cukupmemuaskan. Sedangkandarihasiluji statistic diperolahhasiladahubunganperilakuasertifperawatdengankepuasanpasienrawatinapdengannilaikoefisienkorelasisebesar 0.960 dengantingkatsignifikan 0.000 (p < 0.05). Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwasebagianbesarperawattelahmenerapkanperilakuasertif yang berdampakterhadapkepuasanpasienrawatinap. Kata kunci: Perawat, Perilaku Asertif, Kepuasan Pasien Rawat Inap

File :
,