HUBUNGAN PERAN PEMBIMBING KLINIK DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM PRAKTEK LAPANGAN KLINIK KEPERAWATAN DI IRNA C RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2015


Oleh : Ni Made Agustini
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Kedokteran/PS. ILMU KEPERAWATAN

Kata Kunci :
Peran pembimbing klinik, Kepuasan mahasiswa

Abstrak :
ABSTRAK Agustini, Ni Made. 2015. Hubungan Peran Pembimbing Klinik dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Praktek Lapangan Klinik Keperawatan di IRNA C RSUP Sanglah Denpasar Tahun 2015. Tugas akhir, Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNUD. Pembimbing (1) Ns. Nyoman Gunahariati, S.Kep, MM. (2) Ns. Komang Menik Sri K, S.Kep Pengalaman belajar klinik (Rumah sakit dan Puskesmas) merupakan bagian penting dalam proses pendidikan mahasiswa keperawatan. Keberadaan pembimbing klinik dalam suatu praktek klinik merupakan suatu hal yang mutlak karena mempengaruhi perkembangan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari peserta didik. Peran pembimbing klinik dapat dilihat dari peran secara umum dan peran dalam praktek klinik keperawatan. Kurangnya peran pembimbing klinik disebabkan oleh keterbatasan waktu dalam pelaksanaan bimbingan, karena selain sebagai pembimbing klinik, mereka juga berperan sebagai care giver dalam lahan praktek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran pembimbing klinik dengan kepuasan mahasiswa dalam praktek lapangan klinik keperawatan di IRNA C RSUP Sanglah Denpasar tahun 2015. Penelitian ini merupakan non-eksperimen, dengan rancangan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Ruang Angsoka (I,II, dan III) dan ruang Kamboja dari tanggal 15-31 Januari 2015 dengan teknik non probability jenis purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 48 responden. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert. Hasil penelitian dari peran pembimbing klinik keperawatan sebagian besar pembimbing klinik berada dalam kategori cukup baik yaitu sejumlah 19 responden (39,6%) dan kepuasan mahasiswa dalam praktek lapangan klinik keperawatan sebagian besar menyatakan cukuo puas yaitu sejumlah 19 responden (39,6%). Hasil analisa data dengan menggunakan uji Rank spearmen diperoleh nilai p = 0.000, artinya ada hubungan peran pembimbing klinik dengan kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik lapangan keperawatan. Dilihat dari nilai Correlation Coefficient sebesar 0.674, artinya memiliki hubungan yang kuat dan arah korelasi hubungan positif. Berdasarkan hasil temuan diatas disarankan kepada pembimbing klinik agar menciptakan suasana praktek keperawatan yang nyaman sehingga tercipta hubungan yang baik antara pembimbing klinik dan mahasiswa didik. Kata kunci: Peran pembimbing klinik, Kepuasan mahasiswa

File :
,