Motivasi, Persepsi, dan Kepuasan Wisatawan Mancanegara terhadap Produk dan Pelayanan Tempat Rekreasi Air PT Pandawa Marine Adventures Tanjung Benoa.


Oleh : Ida Bagus Udayana Pidada
dibuat pada :
Fakultas/Jurusan : Fakultas Pariwisata/Kajian Pariwisata

Kata Kunci :
Motivasi, Persepsi, Kepuasan Wisatawan Mancanegara

Abstrak :
ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai yang panjang sekitar 81.000 Km. Anugrah ini harus diperhatikan oleh pemerintah khususnya dalam membangun pariwisata yang bergerak di bidang jasa bahari/wisata tirta. PT Pandawa Marine Adventures merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa bahari/wisata tirta tempat rekreasi air yang sangat digemari dikalangan wisatawan untuk bermain olah raga air di kawasan Tanjung Benoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi wisatawan mancanegara, menjelaskan persepsi wisatawan mancanegara terhadap produk, menganalisis kepuasan wisatawan mancanegara terhadap kualitas pelayanan tempat rekreasi air PT Pandawa Marine Adventures.. Data yang digunakan berupa data deskriptif kualitatif dan data statistik deskiptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, kuesioner yang dikumpulkan, dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang di pilih sebagai sampel dengan menggunakan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini, wisatawan mancanegara yang menjawab dengan motivasi bersenang-senang sebanyak 53 wisatawan, menikmati olah raga air sebanyak 20 orang, berpetualang sebanyak 9 wisatawan, berolah raga sebanyak 8 orang, menghilangkan stres sebanyak 6 wisatawan, dan bertemu atau mendapatkan teman sebanyak 4 wisatawan. Persepsi wisatawan mancanegara terhadap produk dari 12 negara yang berbeda rata-rata wisatawan mancanegara mempersepsikan baik mengenai produk yang mereka dapatkan di tempat rekreasi air PT Pandawa Marine Adventures. Kepuasan wisatawan mancanegara terhadap kualitas pelayanan tempat rekreasi air PT Pandawa Marine Adventures yang diukur kedalam 5 dimensi kepuasan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy). Pada dimensi tangible diperoleh nilai rata-rata 4,18 dengan kategori puas. Reliability diperoleh nilai rata-rata 4,06 dengan kategori puas. Responsiveness diperoleh nilai rata-rata 4,09 dengan kategori puas. Assurance diperoleh nilai rata-rata 4,07 dengan kategori puas. Emphaty diperoleh nilai rata-rata 4,27 dengan kategori sangat puas. Kata Kunci : Motivasi, Persepsi, Kepuasan Wisatawan Mancanegara

File :
, Cover , Lembar Pengesahan , Daftar Isi, Abstrak, BAB I , BAB II , BAB III , BAB IV , BAB V , Daftar Pustaka Halaman belakang lainnya ,