Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari menghadiri Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Senin 25 Maret 2024 yang bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 152 Kepala Perpustakaan Khusus dan 125 Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri.


Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir. Suharti, M.A.,Ph.D. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal menyatakan bahwa perpustakaan saat ini semakin penting peranannya dalam mengelola ilmu pengetahuan yang kiwari (update) dan bagaimana teknologi juga membantu dalam mengakses bahan-bahan yang tersedia di perpustakaan. Sekretaris Jenderal mengharapkan agar Rakor ini dapat menjadi ajang penguatan bagi perpustakaan yang belum terakreditasi, dapat meningkatkan kualitas pustakawan, serta dapat mempererat kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Perpustakaan Nasional. 


Pada Kegiatan ini dilaksanakan diskusi Panel yang bertema 1) Akreditasi Perpustakaan Khusus dan Perguruan Tinggi di Lingkungan Kemendikbudristek; 2) Tenaga Fungsional Pustakawan dan Sertifikasi Pustakawan, serta 3) Pemanfaatan sumber informasi elektronik Perpustakaan Nasional.


Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari menyatakan bahwa Rakor ini merekomendasikan 6 Ruang Lingkup PKS Kemendikbudristek dengan Perpusnas yakni (1) Pembinaan dalam rangka akreditasi perpustakaan, (2) Penyelarasan standar nasional perpustakaan satuan pendidikan, (3) Pengembangan kapasitas pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan, (4) Pemanfaatan sumber informasi elektronik Perpustakaan Nasional di lingkungan Kemendikbudristek, (5) Pembinaan dalam rangka penerbitan buku ber-ISBN, dan (6) Pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam di lingkungan Kemendikbudristek.