Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari kunjungi Perpusnas Salemba Raya, Selasa, 26 Maret 2024. Kunjungan Kepala Perpustakaan kali ini langsung diterima oleh Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas, Drs. Supriyanto, M.Si. dan Asesor Sertifikasi Pustakawan Perpusnas, Dra. Titik Kismiyati, M.Hum. 

Drs. Supriyanto, M.Si. menyambut baik insiatif perpustakaan Universitas Udayana yang akan mengadakan workshop akreditasi pada tanggal 2—3 Mei 2024 untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan yang masa berlakunya akan habis di bulan Oktober 2024. Drs. Supriyanto, M.Si. juga menyatakan kesiapan Perpusnas untuk mengirimkan narasumber ahli pada kegiatan tersebut. Pada pertemuan ini Perpusnas memberikan beberapa buku terkait ilmu perpustakaan, di antaranya “Informasi dan Dokumentasi: Transaksi Peminjaman antar Perpustakaan”, “Informasi dan Dokumentasi: Pengelolaan Kondisi Lingkungan untuk Arsip dan Koleksi Perpustakaan”, dan lain sebagainya.

Kunjungan Kepala Perpustakaan Universitas Udayana di Lembaga Sertifikasi Profesi Pustakawan, dengan maksud untuk mengetahui kriteria sertifikasi pustakawan untuk kepala perpustakaan dengan fungsional Dosen. Salah satu asesor, Dra. Titik Kismiyati, M.Hum. menjelaskan bahwa bagi fungsional Dosen maupun petugas perpustakaan yang belum memiliki fungsional pustakawan dapat mengikuti ujian sertifikasi ini dengan syarat minimal sudah bekerja selama 2 tahun di perpustakaan. 

Pada kesempatan ini Kepala Perpustakaan Unud juga menyampaikan kesiapannnya untuk mengikuti salah satu klaster yaitu Layanan Dasar Perpustakaan yang ujiannya akan diselenggarakan di Perpusnas Salemba pada tanggal 29—30 April 2024. Setifikat Kompetensi Pustakawan ini sangat diperlukan untuk memenuhi salah satu Standar Akreditasi Perpustakaan, yaitu standar 4 yang terkait pada penilaian Jumlah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepala perpustakaan di bidang perpustakaan dalam tiga tahun terakhir.