Kunjungi UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Direktur Perpustakaan Pusat Universitas Islam Internasional Indonesia Studi Banding Pengelolaan Perpustakaan


Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, menerima kunjungan dari  Perpustakaan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Kamis 2 Maret 2023. Hadir pada kunjungan tersebut, Direktur Perpustakaan Pusat UIII, Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA bersama 5 orang staff.


Pada kesempatan kali ini kedua pihak bertukar informasi  mengenai Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan.


Hal utama yang dibahas dalam pertemuan ini, yaitu mengenai Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2022 yang berisi 9 komponen. Komponen tersebut yaitu, Koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraaan dan Pengelolaan Perpustakaan. Terdapat pula komponen pendukung yaitu, Inovasi dan Kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat.


Dalam pertemuan ini Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana berharap kedua perpustakaan dapat saling berbagi kiat-kiat untuk memenuhi ke-sembilan komponen tersebut untuk memenuhi nilai akreditasi perpustakaan yang baik. Salah satu komponen yang penting adalah bagaimana perpustakaan dapat meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis layanan perpustakaan.