UPT Perpustakaan Universitas Udayana menyelenggarakan bedah buku yang berjudul “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang”, Jumat 4 November 2022 secara online melalui aplikasi webex. Kegiatan ini dihadiri oleh 81 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pustakawan, dan petugas perpustakaan dari berbagai Universitas di Indonesia.

 

Narasumber dalam bedah buku tersebut adalah Dr. I Wayan Suardiana (Universitas Udayana) dan Dr. I Made Sujaya (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia). Buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang ditulis oleh Dr. Ida Ayu Laksmita Sari yang juga merupakan Kepala UPT Perpustakaan. Buku ini telah meraih Nusantara Academic Award 2021 yang diselenggarakan oleh Nusantara Institute bekerja sama dengan Bank BCA.

 

Tingkatkan Budaya Baca

Wakil Rektor bidang akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P. dalam sambutannya menyatakan menyambut baik inisiatif Kepala UPT Perpustakaan untuk mengadakan kegiatan akademik bedah buku.

 

“Kegiatan bedah buku ini pantas dilakukan secara reguler, sejalan dengan usaha Unud untuk meningkatkan budaya baca dan literasi,” ujar Prof. Rai Maya.

 

Melalui pelaksanaan bedah buku ini, WR I mengharapkan atmosfir akademik di Universitas Udayana akan semakin meningkat dan akan semakin banyak karya berkualitas yang ditulis oleh civitas akademika Universitas Udayana sehingga dapat dibedah pada acara bedah buku yang selanjutnya.

 

Mudah Dinikmati Publik

Pembicara pertama, Dr. I Wayan Suardiana mengungkapkan bahwa penulis buku Dr. Laksmita Sari telah berhasil mengubah format ilmiah akademis (disertasi) kepada format yang dapat lebih mudah dikonsumsi publik (buku teks).

 

Sedangkan pembicara kedua, Dr. I Made Sujaya memberikan beberapa catatan bahwa buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang memberi kekuatan pada pandangan universalitas kearifan lokal, serta memiliki analisis komparatif yang kuat dengan sumber bacaan yang melimpah.

 

Kedua pembicara juga menyarankan untuk menerbitkan teks-teks cerita rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang tidak hanya sebagai konteks dokumentasi tetapi juga untuk kepentingan kreatif.

 

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari menyatakan kegiatan akademik bedah buku yang diadakan rutin oleh UPT Perpustakaan ini berguna untuk meningkatkan semangat mahasiswa, dosen, pustakawan, untuk meneliti dan menulis pada bidang yang ditekuni masing-masing.