UPT Perpustakaan Universitas Udayana menyelenggarakan acara Sosialisasi E-Journal dan E-Book, Jumat 9 Desember 2022 secara online melalui aplikasi webex selama dua jam.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri dengan antusias oleh 370 orang peserta yang terdiri dari para guru besar, dosen, mahasiswa, pustakawan dan petugas perpustakaan di lingkungan Universitas Udayana.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Wiwi Wiyanti selaku Bussines Development Manager, IGroup Indonesia. Saat ini Universitas Udayana berlangganan E-Journal dan E-Book Springer Nature secara full access (akses penuh).

Dalam akses penuh ini tersedia 2101 judul E-Journal yang terdiri dari 3 subject besar yaitu Science and Technology, Humanities and Social Science, dan biomedical and life science dan Medicine dan E-Book terbitan tahun 2022 yang bersifat perpetual atau selamanya untuk tiga subjek berikut, yaitu biomedical and life Science, Engineering, Law & Criminology.

Pengenalan Cara Mengakses

Kepala UPT Pepustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan cara mengakases sumber daya pustaka dan mengetahui penggunaan fitur-fitur yang terdapat pada E-Journal dan E-Book Springer Nature yang kini dilanggani oleh Universitas Udayana.

E-Journal dan E-Book yang dilanggani Universitas Udayana melalui UPT Perpustakaan dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran, penyusunan riset, publikasi dan membantu mencari referensi untuk mendukung pengerjaan tugas akhir mahasiswa dari tingkat S1 hingga S3.

Dengan tersedianya publikasi hasil riset lewat jurnal-jurnal yang bisa diakses secara online, diharapkan kinerja riset dan mutu penelitian serta kemanfaatan hasil riset (outcome) peneliti Unud bisa lebih baik.

“Riset yang baik akan mendukung kinerja dan ranking Unud,” ujar Kepala UPT Perpustakaan Unud.

Sebagai lembaga yang bertugas untuk menyediakan sumber daya literatur (buku, jurnal, dan sejenisnya), UPT Perpustakaan Unud terus berusaha meningkatkan kegiatan literasi untuk mendukung Tri Dharma Perguuruan Tinggi. Kegiatan tersebut, misalnya acara bedah buku, pemilihan duta baca, webinar dan lain sebagainya.