Tingkatkan Minat Literasi, UPT Perpustakaan Kukuhkan Duta Baca Universitas Udayana



Dalam rangka menggiatkan gerakan literasi dan budaya membaca di lingkungan Universitas Udayana, UPT Perpustakaan mengukuhkan Duta Baca Universitas periode 2022—2023, Jumat, 28 Oktober 2022 bertempat di aula Perpustakaan. 


Pengukuhan duta baca dilakukan oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari. Duta baca yang dikukuhkan kali ini adalah Ni Putu Winda Rahayu Srikana dan I Komang Dio Hari Wijaya yang keduanya berasal dari Prodi D3 Perpustakaan Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik. 


“Salah satu tujuan kegiatan pemilihan Duta Baca ini adalah untuk meningkatkan minat berkunjung ke perpustakaan dan untuk mengajak mahasiswa memanfaatkan segala fasilitas perpustakaan, baik ruang baca, ruang komputer maupun fasilitas lainnya,” ujar Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari. 


Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, juga menyatakan bahwa tugas Duta Baca terpilih nantinya adalah melakukan promosi dan sosialisasi pemanfaatan layanan perpustakaan. 


“Promosi perpustakaan melalui media sosial dan pendekatan secara langsung oleh Duta Baca diharapkan dapat meningkatkan gerakan literasi di lingkungan kampus,” ujar Ida Ayu Laksmita Sari.


UPT perpustakaan juga sedang berbenah baik dari segi sarana prasarana maupun transformasi menuju digital library, hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah ebook dan ejournal yang dilanggani sehingga civitas akademika Universitas Udayana memiliki sumber bacaan yang berkualitas untuk referensi guna menghasilkan riset dan tulisan yang berkualitas pula.